Pages

Jumat, 01 Oktober 2010

Mencari Saham di Yahoo Finance

Bagi anda yang menggunakan data penelitian dari pasar modal, khususnya pasar saham, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memperoleh data yang diperlukan. Jika kita datang langsung ke bursa, misalnya ke Bursa Efek Indonesia (BEI), mungkin akan membutuhkan waktu, tenaga dan biaya serta harus dengan berbagai macam prosedur administrasi yang harus dipenuhi. Sebenarnya hal yangg menyulitkan dan membutuhkan waktu yang relative lama harus dihindari. Nah salah satu dengan memanfaatkan fasilitas internet yaitu pada web yahoo finance dengan alamat http://finance.yahoo.com.
Untuk memudahkan anda memperoleh daya seperti yang anda inginkan. Saya akan memberikan beberapa langkah agar, saham yang anda cari dapat ditemukan. Adapun langkah-langkahnya adalah langkah berikut:
1. Silakan buka http://finance.yahoo.com
2. Klik pada “Market Stats” [ada di bagian kiri bawah]
3. Pada Indices pilih “World”
4. Pada area Major World Indices pilih “Asia/Pacific”
5. Klik pada simbol ^JKSE
Akan ada pilihan “historical prices” dimana kita dapat memperoleh IHSG berdasarkan harian, mingguan, bulanan atau tahunan pada kurun waktu yang kita inginkan.
Jika kita ingin memperoleh data individu saham, maka setelah langkah (5), lanjutkan sebagai berikut:
6. Pada area More on ^JKSE, pilih “Components”
7. Pilih saham, misalnya “BBNI.JK”
8. Klik pada “historical prices” dan lakukan filtering data sesuai periode yang diinginkan.
Jika output yang diminta sudah keluar di layar, maka di bagian bawah akan ada fasilitas untuk men-download data dimaksud dalam format csv (yang kemudian dapat dibuka dengan menggunakan program spreadsheet atau program analisa data lainnya).
Untuk mencari saham individu, anda harus cari tahu dulu kode perusahaan misalnya Saham Bank Negara Indonesia jd kodenya (BBNI) dan jangan lupa di belakang kode tersebut tambahkan “JK” dibelakang kode perusahaan misalnya “BBNI.JK”.
Sudah bisa dipahami bukan, silakan anda coba. Mudah-mudaha berhasil. Insya Allah..

0 komentar:

Posting Komentar

TV Olline

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Forex Calendar

Sindikasi economy.okezone.com

detikcom

KOMPAS.com - Bisnis Keuangan

frame

BBCIndonesia.com | Berita Dunia | Indonesian News index

Bubbles

ok